Akhiri KTT ke-34, ASEAN sepakat lawan proteksionisme perdagangan

KTT ke-34 ASEAN di Thailand berhasil mengesahkan 18 dokumen, satu di antaranya merupakan capaian besar bagi Indonesia.

Para pemimpin ASEAN dalam pertemuan retreat KTT ke-34 ASEAN di Bangkok, Thailand, Minggu (23/6). / Kementerian Luar Negeri RI

Mengakhiri KTT ke-34 ASEAN pada Minggu (23/6) di Bangkok, Thailand, para negara anggota sepakat untuk memerangi proteksionisme perdagangan dan mendukung pemeliharaan sistem perdagangan multilateral.

Kekhawatiran atas situasi ekonomi mendominasi pertemuan tersebut karena 10 negara anggota menyatakan bahwa mereka merasakan dampak dari perang dagang yang sedang berlangsung antara Amerika Serikat dan China.

"Kami khawatir atas pasang surutnya sentimen proteksionisme dan anti-globalisasi yang terus mengganggu ekonomi global dan mengancam sistem perdagangan multilateral," jelas pernyataan final KTT ke-34 ASEAN.

Pernyataan itu menuturkan bahwa di tengah tantangan yang dihadapi oleh Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), ada kebutuhan untuk melestarikan dan memperkuat mekanisme penyelesaian sengketa perdagangan.

Lebih lanjut, 10 negara anggota ASEAN menegaskan kembali komitmen kuat untuk menegakkan sistem perdagangan multilateral yang inklusif, transparan, dan berdasarkan aturan yang ada.