Aplikasi Study the Great Nation wajib bagi rakyat China

Sebagian melihat aplikasi itu sebagai bentuk patriotisme, namun tidak sedikit yang memandangnya sebagai pemujaan terhadap Xi Jinping.

Di dalam toko peralatan memancing di Changsha, China, pemilik toko duduk di belakang meja kasir, terlihat sibuk mengutak-ngatik sebuah aplikasi di ponsel pintarnya.

Jiang Shuiqiu, sedang sibuk mendapatkan poin dalam Study the Great Nation, sebuah aplikasi baru yang ditujukan untuk mempromosikan Presiden China Xi Jinping dan Partai Komunis yang berkuasa.

Setiap harinya, Jiang menghabiskan beberapa jam hanya untuk menggunakan aplikasi itu, memeriksa berita terbaru tentang Xi dan membaca teori-teori sosialis.

Puluhan juta pekerja, pelajar, dan pegawai negeri China kini menggunakan Study the Great Nation, seringkali karena mendapat tekanan dari pemerintah. 

Aplikasi itu disebut-sebut sebagai bagian dari upaya Presiden Xi untuk memperkuat kontrol ideologis di era digital dan menegaskan kembali keunggulan Partai Komunis, seperti yang pernah dilakukan Mao Zedong, sebagai pusat kehidupan China.