Arab Saudi bela dukungannya terhadap China

Pembelaan Arab Saudi sendiri kontradiktif dengan isi surat dukungan terhadap China.

Ilustrasi / Pixabay

Arab Saudi pada Kamis (18/7) mengungkap pembelaan atas keputusannya menandatangani surat bersama dengan 36 negara lainnya untuk mendukung kebijakan China di Xinjiang. Laporan PBB menyebut, setidaknya 1 juta etnis Uighur dan minoritas muslim lainnya ditahan di provinsi itu.

China telah menuai kecaman karena mendirikan kompleks-kompleks penahanan di Xinjiang. Tiongkok menggambarkan fasilitas itu sebagai pusat pelatihan pendidikan yang membantu menghilangkan bibit ekstremisme dan memberi keterampilan kepada masyarakat .

Pekan lalu, 22 negara melayangkan surat kepada Presiden Dewan HAM PBB Coly Seck dan Komisioner Tinggi HAM PBB Michelle Bachelet yang isinya mendesak China mengakhiri penahanan massal di Xinjiang. 

Merespons hal tersebut, Arab Saudi, Rusia dan 35 negara lainnya juga menulis surat yang isinya memuji apa yang mereka sebut sebagai prestasi luar biasa China di bidang HAM.

Ditanyai terkait dukungan Arab Saudi terhadap China, Duta Besar Arab Saudi untuk PBB Abdallah al-Mouallimi menjelaskan bahwa surat yang mereka tandatangani hanya bicara tentang perkembangan pembangunan China, bukan hal lain.