AS bakal danai bantuan kemanusiaan untuk Afghanistan

Amerika Serikat merupakan penyandang dana besar-besaran untuk Afghanistan sejak invasi 2001.

Kelompok Taliban/foto Wikicommon

Kongres Amerika Serikat (AS) kemungkinan akan mendanai Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) dan sejumlah badan lainnya yang memberikan bantuan kemanusiaan untuk Afghanistan. Namun, hampir tidak ada kemungkinan mendanai pemerintah baru di bawah Taliban.

Amerika Serikat merupakan penyandang dana besar-besaran untuk Afghanistan sejak invasi 2001 untuk menggulingkan Taliban. Amerika Serikat menyisihkan sekitar ratusan miliar dollar AS untuk keamanan, pemerintah dan pembangunan dan kebutuhan kemanusiaan.

Elite Partai Demokrat dan Republik mengatakan, para anggota parlemen hampir pasti akan memberikan bantuan kemanusiaan untuk pengungsi Afghanistan, tetapi tidak untuk pemerintah Afganistan, setidaknya untuk saat ini.

"Akan sulit untuk meyakinkan anggota Kongres untuk melakukan apapun yang tampaknya mendukung pemerintah Taliban," kata seorang ajudan senior Demokrat di Senat dikutip Sabtu (4/9).

Senada disampaikan seorang ajudan senior Senat Republik. "Partai Republik sama sekali tidak akan mendukung pemberian uang kepada Taliban," katanya.