AS janjikan bantuan dana jika RI normalkan hubungan dengan Israel

Pemerintahan Trump berharap dapat membuat negara-negara Arab dan negara muslim secara terbuka menjalin hubungan resmi dengan Israel.

Ilustrasi Israel / Pixabay

Seorang pejabat tinggi pemerintahan Presiden Donald Trump mengatakan bahwa Indonesia, negara dengan mayoritas muslim terbesar di dunia, dapat menerima US$2 miliar bantuan pembangunan jika mereka menormalkan hubungan dengan Israel.

CEO US International Development Finance Corp (DFC), Adam Boehler mengatakan kepada Bloomberg pada Selasa (22/12), Indonesia bisa mendapatkan US$1 miliar hingga US$2 miliar lebih dalam bantuan pembangunan jika bergabung dengan kampanye normalisasi hubungan dengan Israel yang dijalankan oleh pemerintahan Trump.

Di bawah kampanye ini, pemerintahan Trump berharap dapat membuat negara-negara Arab dan negara muslim secara terbuka menjalin hubungan resmi dengan Israel.

"Kami sedang membicarakannya dengan mereka," ujar Boehler. "Jika mereka siap, maka kami akan dengan senang hati mendukung secara finansial."

Dalam upaya yang dipimpin oleh penasihat senior Gedung Putih Jared Kushner, pemerintah AS mendorong perjanjian normalisasi antara Israel dan negara-negara Arab dan muslim.