AS-Korea Selatan batal gelar latihan perang besar

Kabar terkait pembatalan ini diketahui setelah pertemuan puncak kedua antara Donald Trump dan Kim Jong-un berakhir tanpa kesepakatan.

Ilustrasi / Pixabay

Amerika Serikat dan Korea Selatan membatalkan latihan perang besar yang telah lama menjadi sumber ketegangan di Semenanjung Korea untuk mendukung upaya diplomatik yang tengah ditempuh dengan Korea Utara.

Kabar terkait pembatalan ini diketahui setelah pertemuan puncak kedua antara Donald Trump dan Kim Jong-un berakhir tanpa kesepakatan. Adapun kedua belah pihak berjanji untuk terus bekerja menuju denuklirisasi dan penyelesaian damai.

Lewat sebuah pernyataan, Korea Selatan mengatakan, Menteri Pertahanan Jeong Kyeong-doo dan penjabat Menteri Pertahanan AS Patrick Shanahan telah melakukan pembahasan terkait KTT dan mengharapkan lebih banyak dialog aktif antara AS dan Korea Utara berdasarkan hasil pembicaraan terakhir.

"Melalui konsultasi erat antara Korea Selatan dan AS, keduanya menyimpulkan untuk mengakhiri Key Resolve dan Foal Eagle," sebut pernyataan itu, merujuk pada dua latihan tahunan utama yang biasanya melibatkan puluhan ribu tentara AS dan Korea Selatan.

Latihan Korea Selatan dan AS itu termasuk pula simulasi serangan terhadap Korea Utara.