AS tepis pandangan Indonesia soal permukiman ilegal Israel

Menlu Retno Marsudi mendesak Israel untuk menghentikan pembangunan permukiman ilegalnya, sikap yang kemudian dikritik oleh AS.

Utusan Amerika Serikat untuk Urusan Timur Tengah Jason Greenblatt. Twitter/@jdgreenblatt45

Utusan Amerika Serikat untuk Urusan Timur Tengah Jason Greenblatt pada Kamis (9/5) mencaci Dewan Keamanan PBB (DK PBB) karena mengkritik Israel. Dalam sebuah pertemuan informal DK PBB yang dipimpin Indonesia, Greenblatt mengatakan bahwa proposal perdamaian yang kelak diajukan AS mengandung solusi yang realistis dan dapat diterapkan.

Dia menggambarkan proposal itu sebagai paket kompromi yang tepat untuk kedua belah pihak. "Sudah waktunya ada pendekatan baru untuk mengatasi persoalan ini," kata Greenblatt.

Proposal perdamaian tersebut merupakan hasil kerja Greenblatt bersama dengan menantu Presiden AS Donald Trump, Jared Kushner, yang menjabat sebagai penasihat senior Gedung Putih. Rencananya, proposal itu akan diumumkan pada Juni.

Indonesia yang tengah menjabat sebagai presiden DK PBB menggelar pertemuan informal yang membahas mengenai perluasan permukiman ilegal Israel di tanah Palestina yang diduduki. Isu Palestina merupakan salah satu prioritas Indonesia selama menjadi Presiden DK PBB sepanjang Mei 2019.

Greenblatt menepis pandangan Indonesia yang menyatakan bahwa perluasan permukiman Yahudi merupakan penghambat perdamaian Israel-Palestina.