ASEAN, ASEANSAI, dan AIPA promosikan akuntabilitas di Asia Tenggara

Adanya kebutuhan membangun hubungan lebih dari tingkat pemerintahan untuk mempromosikan akuntabilitas dan transparansi di ASEAN.

(kiri ke kanan) Perwakilan dari ASEAN, ASEANSAI, AIPA, BPK RI, serta Wakil Presiden Jusuf Kalla saat membuka seminar 'Laying the Foundation for Future Cooperation in Promoting Accountability and Transparency in Southeast Asia' di Hotel Sheraton, Jakarta, Selasa (26/2). / ASEANSAI

Tiga organisasi Asia Tenggara yakni ASEAN, ASEAN Supreme Audit Institution (ASEANSAI), dan ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) menggelar seminar gabungan bertajuk 'Laying the Foundation for Future Cooperation in Promoting Accountability and Transparency in Southeast Asia'.

Seminar tersebut bertujuan untuk membahas kolaborasi, bertukar informasi dan pengalaman, serta mempromosikan akuntabilitas dan transparansi di Asia Tenggara.

ASEANSAI merupakan lembaga yang terdiri dari lembaga audit tertinggi seluruh negara anggota ASEAN, dan memiliki forum untuk bertukar pengetahuan antara para anggotanya terkait audit sektor publik.

Sedangkan AIPA berfungsi sebagai pusat komunikasi dan informasi antara parlemen dari kesepuluh negara anggota ASEAN. 

Ketiga organisasi menyadari adanya kebutuhan membangun hubungan lebih dari tingkat pemerintahan untuk mempromosikan akuntabilitas dan transparansi di ASEAN, yang dinilai akan bermanfaat bagi masyarakatnya.