ASEAN: Malnutrisi adalah isu multisektoral

Isu malnutrisi juga menyangkut sejumlah sektor seperti pendidikan, pertanian, dan kesejahteraan sosial.

Technical Officer Divisi Kesehatan Sekretariat ASEAN Michael Glen dan Alautiah Rahmunanda dalam diskusi

Technical Officer Divisi Kesehatan Sekretariat ASEAN Alautiah Rahmunanda menyatakan bahwa malnutrisi di Asia Tenggara merupakan isu multisektoral, bukan hanya persoalan yang perlu diatasi oleh sektor kesehatan saja.

"Memang malnutrisi itu masalah yang harus dihadapi bersama, harus melibatkan banyak pemangku kepentingan, dan dibantu oleh pilar-pilar penting di ASEAN," tutur perempuan yang akrab disapa Tia itu dalam diskusi "Talking ASEAN: Overcoming Malnutrition in Children of Southeast Asia" di Habibie Center, Jakarta, Kamis (2/5).

Menurut Tia, tidak hanya sektor kesehatan, masalah malnutrisi juga menyangkut sejumlah sektor seperti sektor pendidikan, pertanian, dan kesejahteraan sosial.

Dia memaparkan bahwa untuk mendorong kerja sama antarsektor, ASEAN telah menyelenggarakan sejumlah kegiatan forum, lokakarya, dan diskusi yang membahas isu malnutrisi di Asia Tenggara.

"Kita punya sejumlah program yang sudah dan masih ada yang berjalan seperti ASEAN Nutrition Surveillance System, pelatihan terkait darurat nutrisi, ASEAN Multisectoral Workshop on Ending All Form of Malnutrition, dan forum ASEAN on Malnutrition," jelasnya.