Australia suplai sayur mayur untuk satwa liar

Lebih dari 1.000 kg sayur, yang kebanyakan wortel dan ubi jalar, telah dijatuhkan dari helikopter ke sejumlah daerah.

Langit berwarna merah terlihat saat kebakaran hutan terjadi di dekat Kota Mallacoota, Victoria, Australia, Sabtu (4/1). Foto didapatkan dari media sosial. ANTARA FOTO/@brendanh_au/via REUTERS

Menteri Energi dan Lingkungan Negara Bagian New South Wales (NSW) Matt Kean menyatakan, sebagai bagian dari upaya pemulihan satwa liar pascakebakaran, pihaknya melaksanakan misi Operation Rock Wallaby untuk memberikan makan walabi. Lebih dari 1.000 kg sayur, yang kebanyakan wortel dan ubi jalar, telah dijatuhkan dari helikopter ke sejumlah daerah dalam sepekan terakhir.

"Penyediaan makanan tambahan adalah salah satu strategi utama yang kami gunakan untuk mempromosikan kelangsungan hidup dan pemulihan spesies yang terancam punah seperti jenis brush-tailed rock-wallaby," kata Kean.

"Penilaian awal menunjukkan habitat beberapa populasi yang dihuni brush-tailed rock-wallaby ikut terbakar. Walabi sendiri dapat bertahan, tapi telantar dengan makanan alami yang terbatas karena api juga melalap vegetasi di sekitar habitat mereka yang berbatu." 

Operation Rock Wallaby ????- #NPWS staff today dropped thousands of kgs of food (Mostly sweet potato and carrots) for our Brush-tailed Rock-wallaby colonies across NSW ???????? #bushfires pic.twitter.com/ZBN0MSLZei — Matt Kean MP (@Matt_KeanMP) 11 January 2020

Menurut situs Kementerian Lingkungan dan Energi Australia, brush-tailed rock-wallaby adalah marsupial, seperti kanguru, yang hidup di lereng curam berbatu, singkapan granit, dan tebing.