Banjir hebat tenggelamkan Henan, sedikitnya 25 orang tewas

Dilaporkan 12 korban tewas karena terperangkap di lorong kereta api bawah tanah, Kota. Sementara 500 an orang dievakuasi.

Ilustrasi. foto Unsplash

Provinsi tengah China, Henan dilanda banjir hebat. Sedikitnya 25 orang tewas dalam bencana ini.  Sebagian korban tewas dilaporkan sedang berada di jalur kereta bawah tanah di Ibu Kota Zhengbou. Jumlahnya mencapai belasan orang. 

Sekitar 100 ribu orang telah dievakuasi di kota yang merupakan pusat industri dan transportasi itu. Bendungan dan waduk telah mencapai tingkat peringatan dan ribuan tentara mengambil bagian dalam upaya penyelamatan di provinsi tersebut.

Media pemerintah melaporkan bahwa dua belas orang tewas dan lebih dari 500 orang diselamatkan ke tempat yang aman setelah terowongan kereta bawah tanah terendam banjir.

Sementara gambar media sosial menunjukkan komuter kereta tenggelam setinggi dada dalam kegelapan dan satu stasiun berubah menjadi kolam besar berwarna cokelat.

“Airnya sampai ke dada saya,” tulis seorang penyintas di media sosial. “Saya benar-benar takut, tetapi yang paling menakutkan bukanlah airnya, tetapi pasokan udara yang berkurang di kereta.”