Sah, Biden menangkan Pennsylvania dan Nevada

Tidak mungkin bagi Trump untuk menghentikan Biden mencapai 270 suara elektoral yang dibutuhkan, agar memenangkan kursi kepresidenan.

Presiden terpilih Joe Biden. Foto twitter.com/JoeBiden

Pennsylvania dan Nevada mensertifikasi kemenangan presiden terpilih Joe Biden di negara bagian mereka, sekaligus memberikan pukulan terbaru pada upaya Presiden Donald Trump untuk membatalkan hasil pemilihan.

Sekretaris Persemakmuran Kathy Boockvar mensertifikasi kemenangan 80.555 suara Biden di Pennsylvania. Pernyataan tersebut diumumkan dalam tweet oleh Gubernur Demokrat Tom Wolf. Itu artinya, Biden memenangkan 20 suara electoral college dari Pennsylvania.

Wolf mengatakan telah menandatangani sertifikat kepastian bagi para pemilih, yang akan memberikan suara mereka untuk Biden ketika mereka bertemu pada 14 Desember, kecuali pengadilan campur tangan.

“Sertifikasi hari ini adalah bukti upaya luar biasa dari pejabat pemilihan lokal dan negara bagian kami, yang bekerja tanpa lelah untuk memastikan Pennsylvania memiliki proses yang bebas, adil, dan akurat yang mencerminkan keinginan para pemilih,” kata Wolf dalam sebuah pernyataan.

Sementara Mahkamah Agung Nevada juga mengesahkan hasil di negara bagiannya pada Selasa (24/11) dan Gubernur Demokrat Steve Sisolak akan mengeluarkan pernyataan yang menyatakan pemenang dari enam suara electoral college.