Cakupan vaksinasi di Australia naik, jumlah kasus Covid melandai

Penyebaran terluas Covid-19 di Australia terjadi di Sydney, New South Wales.

Penampakan hari pertama lockdown di negara bagian Victoria, Australia pada 16 Juli 2021/Foto Reuters/Sandra Sanders

Jumlah kasus infeksi harian Covid-19 di Sydney, Australia, sudah mulai menurun pada Selasa (7/9), tetapi masih dekat rekor. Pemerintah berusaha mendorong tingkat vaksinasi di pinggiran barat kota terbesar di "Negeri Kanguru" yang terkena dampak parah.

Para pejabat telah berjanji kepada warga Sydney, bahwa akan memiliki lebih banyak kebebasan setelah vaksinasi mencapai 70% pertama, kemudian 80%. Ini dikarenakan karantina wilayah (lockdown) yang kini memasuki pekan ke-11 gagal menghentikan laju penularan varian delta.

"Jangan ketinggalan ketika kami mulai membuka. Ketika kami membuka 70% dosis ganda, itu hanya untuk mereka yang divaksinasi," kata Perdana Menteri New South Wales, Gladys Berejiklian, dalam konferensi pers di Sydney.

Menurut para pejabat, lebih dari 80% orang dewasa di wilayah yang terkena dampak terburuk di barat kota telah mendapatkan setidaknya satu dosis. Angka tersebut lebih tinggi dari 74% negara bagian secara keseluruhan dan rata-rata nasional 63%.

Sebanyak 1.220 infeksi baru terdeteksi di New South Wales, sebagian besar di Sydney. Angka tersebut menurun daripada hari sebelumnya mencapai 1.281 kasus. Sementara itu, delapan kematian baru dicatat, yang secara kumulatif menjadi 139 kasus.