China beri peringatan kepada demonstran Hong Kong

Demonstran diperingatkan agar tidak meremehkan tekad dan kekuatan China untuk melindungi kemakmuran dan stabilitas Hong Kong.

Api terlihat di jalanan setelah pengunjuk rasa melempar sebuah bom molotov ke arah markas pusat polisi di Wan Chai, Hong Kong, Senin (5/8/2019). ANTARA FOTO/CAMPUS TV, HKUSU/via REUTERS

China pada Selasa (6/8) mengecam keras demonstrasi di Hong Kong, menyebutnya telah melampaui ruang lingkup kebebasan berkumpul. China memperingatkan bahwa Hong Kong tidak akan dibiarkan jatuh dalam kekacauan lebih lanjut.

Juru bicara Kantor Urusan Hong Kong dan Makau Yang Guang pun memperingatkan demonstran agar tidak meremehkan tekad dan kekuatan China untuk melindungi kemakmuran dan stabilitas Hong Kong. Namun, dalam konferensi persnya, Yang tidak mengumumkan cara konkret untuk menyelesaikan krisis politik.

Dia menyerukan lebih banyak pendidikan patriotik dan mendorong warga untuk menghadapi para pengunjuk rasa. 

"Kita harus bangkit untuk melindungi tanah air kita yang indah," ungkap Yang.

Pernyataan Yang muncul satu hari setelah pemrotes di Hong Kong terlibat aksi protes terbesar dalam beberapa pekan terakhir. Mereka memblokir layanan kereta dan jalan, mendesak para pekerja untuk mogok.