China rilis peringatan perjalanan ke Turki

Peringatan perjalanan ini dirilis menyusul memanasnya hubungan kedua negara yang dipicu oleh pernyataan Turki terkait isu muslim Uighur.

Ilustrasi / Pixabay

Kedutaan Besar China di Ankara meminta warganya di Turki waspada. Peringatan ini muncul menyusul memanasnya hubungan kedua negara yang dipicu oleh pernyataan Turki terkait perlakuan China terhadap muslim Uighur.

Pada Minggu (10/2), Turki mengecam perlakuan pemerintah China terhadap etnis Uighur, menyatakannya sebagai tindakan yang menghina umat manusia. Turki mengklaim ratusan ribu tahanan menjadi sasaran penyiksaan dan cuci otak politik di kamp-kamp interniran di Xinjiang.

Beijing menilai bahwa kritik itu buruk dan Turki harus terlebih dahulu memiliki pemahaman yang tepat atas upaya hukum yang dilakukan China untuk memerangi terorisme dan ekstremisme di dalam perbatasannya secara efektif.

China telah mengeluarkan peringatan serupa ke warganya yang menetap maupun yang ingin bepergian ke Kanada dan Swedia. Peringatan tersebut dilayangkan setelah hubungan Beijing dengan kedua negara itu memburuk.

Analis menggambarkan langkah itu sebagai ungkapan ketidaksenangan China.