China serukan penegakan supermasi hukum internasional atas pendudukan Israel

China menyerukan kepada Israel untuk melonggarkan pembatasan yang tidak masuk akal

Geng Shuan. Foto: CGTN

Wakil perwakilan tetap China untuk PBB Geng Shuan menyerukan upaya internasional kolektif untuk menyelesaikan masalah Palestina. Menurutnya, masalah Palestina adalah inti dari masalah Timur Tengah. 

"Solusi yang komprehensif dan adil sangat penting untuk perdamaian dan stabilitas regional, serta keadilan internasional," kata Geng Shuan pada pertemuan Majelis Umum tentang masalah Palestina dan situasi di Timur Tengah Rabu kemarin seperti dikutip China.org, Kamis (1/12).

Sejak awal tahun, situasi di wilayah Palestina yang diduduki terus bergejolak dengan pertempuran baru di Gaza yang mengakibatkan ratusan korban sipil dan kerusakan infrastruktur yang luas, serta gejolak bentrokan kekerasan di Tepi Barat. 

“Fakta sekali lagi membuktikan bahwa penanganan krisis sepotong-sepotong tidak dapat menggantikan solusi yang komprehensif dan adil dan bahwa bantuan ekonomi dan kemanusiaan sebagai tindakan sementara tidak dapat menutup defisit politik dan keamanan yang mengakar,” kata Geng. "Yang dibutuhkan sekarang adalah kemauan politik yang kuat dan tindakan diplomatik yang efektif serta upaya kolektif dari seluruh komunitas internasional, termasuk Dewan Keamanan."

Dia mengatakan China mendorong Palestina dan Israel untuk mengejar keamanan bersama.