China tunggu turis Singapura yang rindu kunjungi anak panda Le Le

Dengan berat lahir hanya 200 gram, Le Le kini memiliki berat 70 kg.

Panda raksasa Le Le bermain di River Wonders Wildlife Park di Singapura. Foto VCG

Seekor panda raksasa akhirnya tiba di Bandara Internasional Chengdu Shuangliu setelah penerbangan dari Singapura pada Selasa (16/1) malam. Panda bernama Le Le menjadi panda raksasa kelahiran luar negeri pertama yang datang ke China tahun ini.

Saat ini, Le Le dalam kondisi sehat dan akan memasuki masa isolasi dan karantina di Pusat Penelitian dan Penangkaran Panda Raksasa Gunung Huaying di Guang'an, provinsi Sichuan.

Le Le lahir pada 14 Agustus 2021, merupakan panda raksasa pertama yang lahir di Singapura. Sesuai kesepakatan yang tercapai antara China dan Singapura, Le Le harus dikirim ke China bulan ini.

Maskapai Singapore Airlines (SIA) menyatakan bahwa untuk memastikan perjalanan Le Le yang aman, pesawat kargo Boeing 747-400F digunakan untuk penerbangan tersebut. Para ahli panda dari kedua negara menemani perjalanan udara panda tersebut.

Selama penerbangan, suhu kabin dijaga pada 12 hingga 16 derajat Celcius. Pilot berupaya sedapat mungkin untuk menghindari turbulensi, memastikan lepas landas dan mendarat secara perlahan untuk mencegah ketidaknyamanan bagi Le Le.