China usir 3 jurnalis Wall Street Journal

Pengusiran ini dipicu oleh artikel opini yang diterbitkan WSJ pada 3 Februari. Menurut Beijing artikel tersebut berbau rasialis.

Ilustrasi China / Pixabay

Kementerian Luar Negeri China pada Rabu (19/2) mengumumkan bahwa mereka akan mencabut kredensial pers milik tiga wartawan Wall Street Journal (WSJ). Pengusiran ini dipicu oleh artikel opini yang diterbitkan WSJ pada 3 Februari yang menurut Beijing berbau rasialis.

Kredensial pers merupakan dokumen resmi yang dibutuhkan jurnalis asing untuk bekerja di negara itu.

Artikel bertajuk "China is the real sick man of Asia" tersebut mengkritik tanggapan awal pihak berwenang China terhadap wabah coronavirus jenis baru. Artikel yang menjadi tajuk utama itu ditulis oleh akademisi Amerika Serikat, Walter Russell Mead.

"Para editor (WSJ) menggunakan judul yang diskriminatif dan rasialis, memicu kemarahan dan kecaman dari rakyat China dan masyarakat internasional," tutur juru bicara Kemlu China Geng Shuang dalam jumpa pers.

Dalam artikel tersebut, WSJ menilai bahwa tanggapan awal pihak berwenang China terhadap penyebaran coronavirus tidak transparan dan hanya memprioritaskan kepentingan pemerintah.