Cuaca ekstrem, Australia deklarasikan keadaan darurat

Keadaan darurat tersebut dipicu oleh cuaca ekstrem yang menyebabkan bencana.

Kebakaran hutan di Gunung Tomah di New South Wales, Australia, Minggu (15/12). ANTARA FOTO/NSW RFS - TERRY HILLS BRIGADE/via REUTERS

Pihak berwenang Australia pada Kamis (19/12), mendeklarasikan keadaan darurat untuk tujuh hari ke depan di New South Wales akibat gelombang panas yang memicu banyak kebakaran hutan di wilayah tersebut.

Sekitar 100 kebakaran telah terjadi dalam beberapa minggu terakhir di negara bagian berpenduduk terpadat tersebut. Lebih dari setengah kebakaran hutan itu tidak dapat ditangani pihak berwenang, termasuk kebakaran besar yang melanda Sydney.

Perdana Menteri New South Wales Gladys Berejiklian mengatakan, keadaan darurat itu disebabkan oleh cuaca ekstrem yang memicu bencana.

"Kekhawatiran terbesar selama beberapa hari ke depan adalah ketidakpastian dengan kondisi angin yang ekstrem dan suhu yang sangat panas," kata Berejiklian kepada wartawan di Sydney.

Dalam sebuah twit, PM Berejiklian mengumumkan bahwa keadaan darurat di negara bagian itu akan memberikan Komisaris Layanan Kebakaran New South Wales (RFS) Shane Fitzsimmons wewenang lebih besar untuk menangani kebakaran hutan.