Demonstran bubar usai dua hari demo Kedubes AS di Irak

Para pedemo membubarkan diri dari unjuk rasa yang berlangsung di kawasan Kompleks Kedubes AS di Baghdad pada Rabu malam.

Demonstran merusak pos keamanan di depan Kompleks Kedutaan Besar Amerika Serikat di Baghdad, Irak, Selasa (31/12). ANTARA FOTO/REUTERS/Thaier al-Sudani

Pasukan keamanan Irak mendapatkan kembali kendali atas daerah di sekitar Kedutaan Besar Amerika Serikat setelah kompleks itu diguncang demonstrasi selama dua hari terakhir.

Pada Rabu (1/1) pagi, petugas keamanan menembakkan gas air mata dan peluru karet ke ribuan pemrotes untuk membubarkan mereka.

Seorang saksi mata melaporkan, demonstran melemparkan batu serta mencoba membakar gerbang dan pos keamanan yang berada di pintu masuk utama kompleks kedutaan.

Pada Selasa, demonstran meneriakkan, "Death to America". Mereka menghancurkan CCTV dan melanggar perimeter, tetapi tidak memasuki kompleks utama. Kedubes AS berada di Zona Hijau yang dijaga super ketat.

Unjuk rasa tersebut merupakan bentuk kecaman atas serangan udara AS yang menargetkan sejumlah kamp kelompok militan yang didukung Iran di Irak pada Minggu (29/12).