Demonstran Hong Kong berterima kasih pada Donald Trump

Mereka memegang bentangan spanduk bertuliskan "Presiden Trump, tolong bebaskan Hong Kong".

Seorang pemrotes melempar bom molotov ke stasiun MTR di Hung Hom setelah seharian protes di Hong Kong, Minggu (1/12). REUTERS/Leah Millis

Ratusan orang, termasuk para lansia, di Hong Kong berpawai ke kantor Konsulat Amerika Serikat (AS) pada Minggu (1/12) untuk menunjukkan rasa terima kasih mereka atas dukungan yang diberikan AS terhadap aksi unjuk rasa prodemokrasi yang telah berjalan selama hampir enam bulan.

Sambil mengibarkan bendera AS, massa membentangkan spanduk bergambar Presiden AS Donald Trump yang berdiri dengan kaki terbuka di atas sebuah tank dengan bendera AS di belakangnya.

Beberapa orang bahkan mengenakan kaos dan topi berlogo Trump, dengan memegang bentangan spanduk lain yang bertuliskan "Presiden Trump, tolong bebaskan Hong Kong".

Pada awal berjalannya aksi, seorang peserta aksi dengan pengeras suara berorasi, "Terima kasih presiden Trump untuk hadiah besar yang diberikan kepada Hong Kong, semoga Tuhan memberkati AS."

Pekan ini, Trump menandatangani undang-undang Kongres yang mendukung para pengunjuk rasa di Hong Kong, meski mendapat kemarahan dan keberatan dari pemerintah China.