Di KTT ASEAN, Jokowi akan dorong kerja sama Indo-Pasifik

Rangkaian KTT ASEAN di Bangkok, Thailand, akan berlangsung pada 31 Oktober-4 November.

Plt. juru bicara Kementerian Luar Negeri RI Teuku Faizasyah dan Dirjen Kerja Sama ASEAN Kemlu RI Jose Tavares dalam pengarahan media di Kemlu RI, Jakarta, pada Rabu (30/10). Alinea.id/Valerie Dante

Presiden RI Joko Widodo dipastikan akan menghadiri rangkaian KTT ASEAN di Bangkok, Thailand. Jokowi diharapkan akan kembali mengangkat konsep Indo-Pasifik dalam pertemuan tersebut.

"Perkiraan kami, Outlook ASEAN mengenai Indo-Pasifik akan diangkat oleh Presiden Jokowi karena kita semua tahu beliau tahun lalu sudah menyampaikan kepada negara-negara mitra bahwa ASEAN sedang merancang konsep Indo-Pasifik bersama," tutur Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri RI Jose Tavares dalam pengarahan media di Kemlu RI, Jakarta, pada Rabu (30/10).

Kini, rancangan dari konsep tersebut telah rampung. Jokowi diprediksi akan menyampaikan garis besar Outlook Indo-Pasifik dan mengajak negara-negara mitra ASEAN untuk bekerja sama.

Selain itu, lanjut dia, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi juga akan menyampaikan sebuah gagasan mengenai Indo-Pasifik.

"Menlu Retno akan menyampaikan ide untuk menyelenggarakan ASEAN Indo-Pacific Infrastructure and Connectivity Forum yang akan digelar pada 2020," kata dia.