Di Pacific Exposition 2019, RI bangun persahabatan dengan sejumlah negara

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengadakan serangkaian pertemuan bilateral di sela-sela Pacific Exposition 2019 di Auckland.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi (keempat dari kanan) dalam pembukaan Pacific Exposition 2019 di Auckland, Selandia Baru, Jumat (12/7). / Kementerian Luar Negeri RI

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengadakan serangkaian pertemuan bilateral di sela-sela Pacific Exposition 2019 di Auckland, Selandia Baru, pada Jumat (12/7).

Menlu Retno bertatap muka dengan perdana menteri dan menteri dari sejumlah negara Pasifik yakni Australia, Kepulauan Cook, Kepulauan Solomon, Niue, Papua Nugini, Selandia Baru, Tuvalu dan Kiribati. 

"Semua berawal dari persahabatan. Setelah persahabatan itu terbangun, maka kita bangun kerja sama lainnya yang lebih konkret dalam perdagangan, investasi, pariwisata, dan budaya," tutur Menlu Retno seperti dikutip dari keterangan resmi Kementerian Luar Negeri RI yang diterima Alinea.id pada Sabtu (13/7).

Menlu Selandia Baru Winston Peters dan Menlu Australia Marise Payne menyampaikan apresiasi atas prakarsa dan kepemimpinan Indonesia di Pasifik termasuk seperti yang ditunjukkan dengan penyelenggaraan Pacific Exposition yang baru pertama kali diadakan.

Australia dan Selandia Baru sepakat untuk memperkuat kerja sama dengan Indonesia dan bersama-sama meningkatkan kehadiran di kawasan Pasifik.