sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Presiden Joko Widodo lantik 3 duta besar untuk negara sahabat

Sebelumnya pada November 2021, Presiden Joko Widodo juga melantik 12 orang duta besar LBBP untuk beberapa negara sahabat.

Nadia Lutfiana Mawarni
Nadia Lutfiana Mawarni Rabu, 12 Jan 2022 11:11 WIB
 Presiden Joko Widodo lantik 3 duta besar untuk negara sahabat

Presiden Joko Widodo melantik tiga duta besar baru dengan status duta besar luar biasa dan berkuasa penuh (dubes LBBP) untuk sejumlah negara sahabat. 

Ketiganya adalah Sunarko yang akan bertugas di Sudan, Letjen TNI (Purn) Agus Widjodjo yang akan bertugas di Filipina merangkap Republik Kepulauan Marshall, dan Republik Palau, dan Fiantie Maritie Suebu yang akan bertugas di Selandia Baru, Samoa, Kerajaan Tonga, serta Kepulauan Cook dan Niue. 

Pengangkatan ketiganya didasarkan atas Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 4/P tahun 2022 tentang Pengangkatan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh.

Selanjutnya ketiganya akan berangkat menuju negara bertugas masing-masing. Sunarko akan bekedudukan di Sudan, Agus di Filipina, dan Fiantie di Selandia Baru. Mereka membawa misi diplomasi di antaranya di bidang sosial, politik, dan budaya Republik Indonesia. 

Sponsored

Pelantikan ini disiarkan secara langsung lewat jaringan Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (12/1). Pelantikan juga diikuti pembacaan sumpah dan janji duta besar menurut agama masing-masing.

Sebelumnya pada November 2021, Presiden Joko Widodo juga melantik 12 orang duta besar LBBP untuk beberapa negara sahabat. Mereka adalah Muhammad Prakosa (Italia merangkap Malta, San Marino, dan Siprus), Ghafur Akbar Dharmaputra (Ukraina, merangkap Republik Armenia dan Georgia), Suwartini Wirta (Republik Kroasia), Rudy Alfonso (Portugal),  Anita Lidya Luhulima (Polandia), Zuhairi Misrawi (Tunisia), Ina Hagniningtyas Krisnamurthi (India merangkap Kerajaan Bhutan), Heru Hartanto Subolo (Bangladesh, merangkap Republik Demokratik Nepal), Daniel Tumpal Sumurung Simanjuntak (Kanada), Damos Dumoli Agusman (Austria) Gandi Sulistiyanto Soeherman (Korea Selatan), dan Tri Yogo Jatmiko (Tanzania merangkap Republik Burundi dan Republik Rwanda).

Berita Lainnya
×
tekid