Drama Kerajaan Inggris: Keluarga Raja yang terpecah belah saat penobatan

Raja baru sangat berharap dapat menutup ketegangan itu saat penobatannya pada 6 Mei 2023.

Raja Charles III, Senin, 12 September 2022. Foto AP/Markus Schreiber/dokumentasi

Raja Charles III telah tinggal di istana. Dia juga kerap bepergian dengan Bentley yang dikemudikan sopir. Sebaagi salah satu orang terkaya di Inggris, dia mirip dengan banyak rakyatnya dalam satu hal yang sangat mendasar: Kehidupan keluarganya rumit-sangat rumit.

Ada istri kedua, saudara laki-laki yang memalukan, dan menantu yang pemarah. Semuanya dengan sekutu yang tidak malu membisikkan rahasia keluarga ke telinga wartawan yang ramah.

Raja baru sangat berharap dapat menutup ketegangan itu, ketika keluarganya berbaur, bergabung dengan sebanyak 2.800 tamu untuk penobatan Charles pada 6 Mei di Westminster Abbey. Semua kecuali Meghan, Duchess of Sussex, dipastikan hadir.

Bagaimana Charles mengelola drama keluarganya selama beberapa minggu dan tahun mendatang sangat penting bagi upaya raja untuk melestarikan dan melindungi monarki turun-temurun berusia 1.000 tahun. Tanpa rasa hormat dari publik, House of Windsor berisiko disamakan dengan bintang pop, influencer media sosial, dan kontestan reality TV sebagai makanan tabloid Inggris, merusak cap yang menopang perannya dalam kehidupan publik.

Sejarawan kerajaan Hugo Vickers mengatakan, orang-orang harus melihat berita utama yang sensasional dan fokus pada apa yang dicapai Charles sekarang karena dia adalah raja.