Dubes Iran: Indonesia istimewa bagi kami

Ini merupakan kali ketiga Dubes Mohammad Azad bertugas di Indonesia.

Duta Besar dari sejumlah negara sahabat untuk Indonesia memberikan surat kepercayaan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) kepada Presiden RI Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (20/11). ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Duta Besar Iran untuk Indonesia Mohammad Azad mengatakan, Indonesia memiliki tempat yang istimewa bagi negaranya. Dia berharap kedua negara dapat mempererat tali persaudaraan dan memperluas kerja sama di berbagai bidang.

"Indonesia akan selalu memiliki tempat yang istimewa bagi kami. Saya yakin, atas kerja sama seluruh elemen kedua negara, kita dapat meningkatkan kerja sama di banyak bidang," tutur Dubes Azad dalam pesan video yang diterima Alinea.id pada Jumat (22/11).

Dubes Azad baru menyerahkan surat kepercayaannya kepada Presiden RI Joko Widodo pada Rabu (20/11). Dalam pesan videonya, dia mengatakan bahwa ini adalah kali ketiga dia ditugaskan ke Indonesia.

"Di Iran, kami mengatakan bahwa kalau belum tiga kali, rasanya belum sempurna," ujar dia. "Kalau di Indonesia disebutnya belum afdal."

Dia menyebut bahwa Indonesia dan Iran mulai kenal satu sama lain sejak berabad-adab lalu melalui interaksi sosial ekonomi yang meninggalkan jejak sejarah. Kemudian kedua negara secara resmi membangun hubungan diplomatik pada 1950.