Gelombang panas menerjang Eropa

Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan bahwa kewaspadaan masyarakat sangat dibutuhkan dalam menghadapi gelombang panas pekan ini.

Matahari bersinar terang di langit atas Menara Eiffel di Paris saat gelombang panas diperkirakan terjadi di negara tersebut, Prancis, Senin (24/6). ANTARA FOTO/REUTERS/Philippe Wojazer

Prancis bersiap menghadapi gelombang panas dengan suhu yang diperkirakan melebihi 40 derajat Celcius pekan ini. Pada Senin (24/6), suhu di Prancis diprediksi mencapai 35 derajat Celcius dan akan terus meningkat pada Kamis (27/6) dan Jumat (28/6).

Bagian utara negara itu, termasuk Paris, akan terkena dampak terburuk dari gelombang panas.

Pemerintah Kota Paris telah mendirikan sejumlah air mancur sementara di berbagai titik kota dan kolam renang umum akan dibuka hingga malam hari. Langkah itu diambil untuk mengatasi kelembaban tinggi yang akan membuat 40 derajat Celcius terasa seperti 47 derajat Celcius di ibu kota.

Air akan didistribusikan untuk memastikan tidak ada warga yang kekurangan. Pemerintah berencana menaruh perhatian lebih bagi orang-orang yang rentan terhadap gelombang panas seperti kaum lansia.

Pada Senin, Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan bahwa kewaspadaan masyarakat sangat dibutuhkan dalam menghadapi gelombang panas pekan ini.