Gunung berapi di Spanyol meletus, 5000 orang dievakuasi

Cairan lava tersebut juga melintasi jalan dan mulai menelan rumah-rumah yang tersebar di El Paso.

Ilustrasi. Pixabay

Gunung berapi di Pulau Canary Spanyol La Palma pada hari Minggu (19/9), mengeletuskan lava yang mengalir menuju rumah-rumah di dua desa dari taman nasional Cumbre Vieja di Selatan pulau.

Pihak berwenang telah mulai mengevakuasi warga yang menjadi korban dari letus lava tersebut dan beberapa hewan ternak dari desa-desa terdekat sebelum letusan pada pukul 15:15 waktu setempat (1415 GMT) di lereng berhutan di daerah Cabeza de Vaca.

Dua jam kemudian, dengan lava merayap menuruni lereng bukit dari lima celah yang pecah ke lereng bukit, pemerintah kota memerintahkan evakuasi empat desa, termasuk El Paso dan Los Llanos de Aridane.

Rekaman video menunjukkan letusan lava tersebut, terpental hingga ratusan meter ke langit, dan mengalir melewati tiga sungai. Mengakibatkan rusaknya hutan dan lahan pertanian, dan kemudian menyebar saat mencapai tempat yang lebih rendah.

Cairan lava tersebut juga melintasi jalan dan mulai menelan rumah-rumah yang tersebar di El Paso. Rekaman video yang dibagikan di media sosial, yang tidak dapat diverifikasi oleh Reuters, menunjukkan lava tersebut memasuki rumah warga.