Hadang bantuan dari Kolombia, pasukan Venezuela blokir jembatan

Pasukan Venezuela yang pro-Maduro memblokade jembatan Tienditas, yang menghubungkan negara itu dengan Kolombia.

Warga menghadiri aksi protes menentang pemerintahan Presiden Venezuela Nicolas Maduro di Plaza Bolivar di Lima, Peru, Sabtu (2/2). Antara Foto/REUTERS/Guadalupe Pardo

Pasukan Venezuela telah membarikade sebuah jembatan di perbatasan barat negara itu dengan Kolombia dalam upaya untuk mencegah masuknya bantuan kemanusiaan.

Pada Rabu (6/2) siang, sebuah tangki bahan bakar dan dua kontainer dihadang di jembatan Tienditas, yang menghubungkan kedua negara dan menjadi landasan bagi pengiriman bantuan. Anggota garda nasional Venezuela juga berjaga-jaga di kawasan itu.

"Sebuah konvoi yang membawa bantuan, yang disumbangkan oleh Amerika Serikat, meninggalkan Bogota pada pukul 11.00 kemarin dan tengah melalui perjalanan berliku ke Cucuta. Paling awal akan mencapai perbatasan pada Kamis pagi," sebut seorang pejabat Kolombia.

Presiden Nicolas Maduro telah berulang kali membantah negaranya yang hancur secara ekonomi menghadapi krisis kemanusiaan. Sikapnya, dinilai menunjukkan kekhawatirannya bahwa penerimaan semacam itu dapat dimanfaatkan untuk membenarkan intervensi militer asing.

"Kita bukan pengemis," ujar Maduro dalam pidatonya di hadapan militer beberapa waktu lalu.