Mantan bintang kriket unggul dalam pemilu Pakistan

Pemilu Pakistan tahun ini penuh dengan kontroversi. Angkatan bersenjata dituding telah membantu Imran Khan.

Imran Khan / Shutterstock

Mantan bintang kriket Pakistan yang menjadi politikus, Imran Khan, unggul dalam penghitungan sementara pemilihan umum dan diperkirakan akan menang.

Sementara itu, rival utama Khan, partai Liga Muslim Pakistan-Nawaz (PLM-N) besutan mantan perdana menteri Nawaz Sharif, menolak apa pun hasil pemilu dengan tudingan ada kecurangan.

Partai Khan berasal, Pakistan Tahreek-e-Insaf (PTI), mengaku yakin akan menang meski diperkirakan akan gagal mendapatkan kursi mayoritas penuh dalam lembaga parlemen Dewan Nasional. Hingga saat ini hasil resmi belum diumumkan.

Sampai berita ini diturunkan, empat stasiun televisi lokal menempatkan PTI pada posisi pertama dan diperkirakan akan memenangi 107-120 dari total 272 kursi yang diperebutkan. PLM-N diperkirakan akan mendapatkan 42 sampai 69 kursi.

Sementara itu dari kubu partai PML-N, Shehbaz Sharif -- saudara kandung mantan perdana menteri Nawaz -- menolak hasil perundingan setelah menerima laporan bahwa tentara-tentara yang ditugaskan di tempat pemungutan suara telah memaksa para saksi untuk keluar saat penghitungan suara dimulai.