Hong Kong bersiap hadapi protes lanjutan

Sejumlah pengunjuk rasa berencana untuk mengganggu jaringan transportasi ke Bandara Internasional Hong Kong pada Sabtu (7/9).

Pemrotes saat berdemo di Tamar Park di depan gedung pemerintahan di Hong Kong, Senin (2/9). ANTARA FOTO/REUTERS/Kai Pfaffenbach

Hong Kong bersiap menghadapi demonstrasi lanjutan pada akhir pekan ini. Pengunjuk rasa mengancam akan mengganggu jaringan transportasi menuju Bandara Internasional Hong Kong.

Demonstrasi lanjutan akan berlangsung meski Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam telah secara resmi menarik RUU ekstradisi untuk menenangkan gejolak gerakan pro-demokrasi di kota itu.

Kanselir Jerman Angela Merkel membahas persoalan Hong Kong saat bertatap muka dengan Perdana Menteri China Li Keqiang di Beijing pada Jumat (6/9). Merkel menekankan bahwa solusi damai diperlukan untuk meredakan situasi di Hong Kong.

"Saya menegaskan bahwa hak dan kebebasan perlu diberikan kepada warga Hong Kong," kata Merkel. "Situasi kekerasan saat ini harus dicegah. Hanya dialog yang dapat membantu."

Dia menyatakan, ada tanda-tanda bahwa Lam akan mengundang demonstran untuk berdialog.