India hukum gantung 4 pelaku pemerkosaan

Kejahatan yang terjadi pada 16 Desember 2012 itu memicu protes besar-besaran dan kemarahan baik di dalam maupun luar negeri.

Ilustrasi hukuman gantung / Pixabay

India pada Jumat (20/3) menghukum gantung empat pria pelaku pemerkosaan dan pembunuhan seorang wanita di sebuah bus di New Delhi pada 2012. Mereka dieksekusi saat subuh di Kompleks Penjara Tihar, di pinggiran ibu kota.

Ratusan polisi berjaga-jaga di luar kompleks penjara, mereka mengamankan kerumunan yang menunggu untuk merayakan eksekusi tersebut. Beberapa orang dilaporkan memegang spanduk bertuliskan, "Justice for women" dan "Hang the culprits".

Kejahatan yang terjadi pada 16 Desember 2012 itu memicu protes besar-besaran dan kemarahan baik di dalam maupun luar negeri. Media lokal menjuluki korban sebagai Nirbhaya yang artinya "dia yang tidak kenal rasa takut". Di bawah hukum India, nama korban tidak dapat diungkap.

"Hari ini, keadilan akhirnya terwujud setelah tujuh tahun," kata ibu korban yang menunggu di luar penjara. "Saya berterima kasih kepada pengadilan India dan bersyukur kepada Tuhan yang mendengar doa saya ... Jiwa putri saya sekarang dapat beristirahat dengan tenang."

Enam orang ditangkap karena kejadian pada 2012 tersebut. Salah satu tersangka, Ram Singh, ditemukan tewas di sel penjara pada Maret 2013. Dia diyakini mengambil nyawanya sendiri.