Indonesia beri US$1 juta bagi pengungsi Palestina di Yordania

Bantuan senilai US$1 juta dari Indonesia diberikan untuk membantu kebutuhan makanan dan kesehatan bagi para pengungsi Palestina.

Komisioner Jenderal UNRWA Pierre Kranhenbuhl dan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. / Kementerian Luar Negeri RI

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi bersama dengan Komisioner Jenderal Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) Pierre Kranhenbuhl menandatangani perjanjian kontribusi kemanusiaan Indonesia bagi pengungsi Palestina di Kamp Pengungsian Jerash, Yordania, pada Selasa (5/3).

Dikutip dari keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri RI yang diterima Alinea.id pada Selasa, kontribusi kemanusiaan senilai US$1 juta dari pemerintah Indonesia diberikan untuk membantu kebutuhan makanan dan kesehatan bagi para pengungsi.

Menlu Retno menyampaikan bahwa kontribusi Indonesia tersebut menunjukkan kebersamaan dan komitmen RI untuk terus membantu rakyat Palestina.

Isu Palestina, tegasnya, ada di jantung politik luar negeri Indonesia, menjadi perhatian dan keprihatinan masyarakat Indonesia.

Menlu Retno pun menyampaikan apresiasi atas partisipasi UNRWA dalam kegiatan "Solidarity Week for Palestine" yang diselenggarakan oleh pemerintah dan masyarakat Indonesia di Bandung dan Jakarta. Acara yang digelar pada Oktober 2018 itu juga dihadiri oleh Menteri Luar Negeri Palestina Riyad Malki.