Inggris cabut izin penyiaran stasiun China CGTN

CGTN akan segera dihapus dari gelombang udara Inggris.

Ilustrasi menonton TV / Pixabay

Regulator Inggris, Ofcom, pada Kamis (4/2) mencabut lisensi penyiaran lembaga penyiaran milik pemerintah Tiongkok, China Global Television Network (CGTN). Langkah tersebut dilakukan setelah penyelidikan Ofcom menyimpulkan bahwa linsensi itu dipegang secara tidak sah oleh Star China Media Limited.

Ofcom mengatakan bahwa Star China Media Limited tidak memiliki tanggung jawab editorial untuk produk saluran tersebut, sehingga dinyatakan tidak memenuhi persyaratan hukum untuk memiliki kendali atas layanan berlisensi.

Regulator menambahkan, Star China Media Limited bertindak sebagai distributor, bukan penyedia saluran berita. Selain itu, Ofcom juga menolak permintaan CGTN untuk mentransfer lisensi tersebut ke entitas baru dan tetap dikendalikan oleh Partai Komunis China, dan oleh karena itu didiskualifikasi berdasarkan hukum Inggris.

"Kami telah memberikan banyak peluang kepada CGTN untuk mematuhi aturan, tetapi mereka tidak melakukannya. Kami sekarang menganggap pantas untuk mencabut izin siaran CGTN di Inggris," kata juru bicara Ofcom.

Saluran tersebut akan dihapus dari gelombang udara Inggris dengan segera. CGTN memiliki hak untuk meminta peninjauan kembali dan dapat mengajukan izin lain di masa mendatang.