Iran mulai uji coba sentrifugal baru untuk perkaya uranium

Presiden Rouhani mengatakan bahwa sentrifugal IR-6 baru milik Iran sudah mulai berfungsi dan sentrifugal IR-9 yang lebih baru sedang diuji.

Presiden Iran Hassan Rouhani. Twitter/@HassanRouhani

Pada Rabu (18/12), Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan negaranya telah mulai menguji model sentrifugal terbaru untuk memperkaya uranium.

"Hari ini, sentrifugal IR-6 baru milik Iran sudah mulai berfungsi dan sentrifugal IR-9 yang lebih baru sedang diuji," kata dia saat berkunjung ke Malaysia.

Menurut para pejabat Iran, sentrifugal IR-6 dapat menghasilkan uranium yang diperkaya 10 kali lebih cepat dibandingkan dengan sentrifugal IR-1, sentrifugal generasi pertama yang berada di fasilitas nuklir di Fordow.

Kepala Badan Energi Atom Iran Ali Akbar Salehi menjelaskan, IR-9 bekerja lima kali lebih cepat dari IR-6 dan 50 kali lebih cepat dari IR-1. Sebuah sentrifugal memperkaya uranium dengan memutar gas uranium hexafluoride dengan cepat dan mengubahnya menjadi bahan bakar tenaga nuklir.

Iran telah meningkatkan aktivitas nuklirnya sejak Presiden Donald Trump secara sepihak menarik Amerika Serikat dari kesepakatan nuklir 2015 (JCPOA) pada Mei 2018.