Isolasi kota di China meluas ke luar Provinsi Hubei

Mengikuti jejak 15 kota di Provinsi Hubei, sebuah kota di Provinsi Zheijiang juga diisolasi.

Warga yang tiba dari Provinsi Hubei setelah melewati pos pemeriksaan di jembatan Sungai Jiujang Yangtze menuju ke stasiun kereta di Jiujang, China, Jumat (31/1). ANTARA FOTO/REUTERS/Thomas Peter

China telah melakukan sejumlah upaya untuk mencegah penyebaran coronavirus jenis baru 2019-nCoV, termasuk dengan mengisolasi 15 kota di Provinsi Hubei. Sejauh ini, epidemi tersebut menewaskan 362 orang dengan kematian pertama di luar negeri dilaporkan terjadi di Filipina.

Pada Minggu (2/2), pemerintah memberlakukan kebijakan yang sama terhadap Wenzhou, kota yang berjarak 800 km dari Kota Wuhan di mana virus berbahaya itu pertama kali terdeteksi pada akhir 2019. Wenzhou merupakan kota berpenduduk sembilan juta orang di Provinsi Zheijiang.

Pihak berwenang menetapkan, hanya satu orang per rumah tangga yang diizinkan keluar setiap dua hari sekali untuk membeli kebutuhan dasar. Tempat-tempat umum seperti bioskop dan museum di kota itu ditutup. Transportasi umum pun ditangguhkan.

Provinsi Zhejiang mencatat kasus coronavirus jenis baru tertinggi setelah Hubei. Sejauh ini, Zhejiang mengonfirmasi 724 kasus coronavirus, dengan 265 di antaranya terdapat di Wenzhou.

Sejak merebak keluar dari Wuhan, 2019-nCoV telah menginfeksi lebih dari 17.000 orang di China dan menyebar ke puluhan negara termasuk Amerika Serikat, Jepang, Thailand, Sri Lanka, hingga sejumlah negara Eropa.