Israel lancarkan serangan skala besar ke Suriah

Israel mengatakan ini merupakan serangan balasan setelah sejumlah roket ditembakkan ke wilayahnya oleh pasukan Iran di Suriah.

Ilustrasi / Pixabay

Israel mengatakan telah menghantam target-target milik Angkatan Bersenjata Suriah dan Iran di Suriah. Militer Israel mengatakan serangan skala besar itu merupakan respons atas roket-roket yang ditembakkan oleh pasukan Iran ke wilayahnya.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mentwit bahwa serangan itu menargetkan Angkatan Bersenjata Suriah dan Pasukan Quds, unit khusus dari Pengawal Revolusi Iran.

#BREAKING: We just carried out wide-scale strikes of Iranian Quds Force & Syrian Armed Forces targets in Syria in response to the rockets fired at Israel by an Iranian force in Syria last night. — Israel Defense Forces (@IDF) 20 November 2019

Pasukan Quds dan pemimpinnya, Mayor Jenderal Qasem Soleimani bertanggung jawab langsung kepada Pemimpin Tertinggi Iran Ayatullah Ali Khamenei.

IDF menambahkan bahwa selama serangan terhadap sasaran teror Iran dan Suriah, sebuah sistem pertahanan udara Suriah ditembakkan meski ada peringatan yang jelas untuk menahan diri dari tembakan semacam itu. Akibatnya, sejumlah baterai pertahanan udara Suriah dihancurkan.