Israel larang muslim beribadah di Masjid Qubbatush Shakhra

Masjid berkubah emas, Qubbatush Shakhrah atau Dome of the Rock, terletak di dalam kompleks Al-Haram Asy-Syarif.

Masjid berkubah emas Qubbatush Shakhrah atau Dome of the Rock. / Pixabay

Polisi Israel pada Senin (14/1) menutup pintu masjid berkubah emas Qubbatush Shakhrah (Dome of the Rock) yang terletak di dalam kompleks Al-Haram Asy-Syarif, yang juga berisi Masjid Al-Aqsha di Kota Tua Yerusalem.

"Polisi Yahudi menghalangi muslim untuk menunaikan shalat di dalam kompleks tersebut," ungkap beberapa pejabat Departemen Waqaf Muslim yang bertugas atas masjid itu.

Para tokoh muslim berusaha untuk membujuk polisi Israel pergi dari gerbang Masjid Qubbatush Shakhrah agar jemaah bisa masuk secara bebas. Namun, upaya mereka sia-sia.

Akibat perbuatan polisi Yahudi tersebut, para pejabat muslim menyerukan jemaah agar berkumpul di Masjid Qubbatush Shakhrah untuk memperlihatkan pembangkangan atas keputusan Israel menutup tempat suci ketiga bagi umat muslim itu.

Polisi Israel menutup masjid tersebut setelah para penjaga muslim menolak mengizinkan seorang polisi Israel yang memakai kipah di kepalanya untuk memasukinya karena khawatir sang polisi akan melaksanakan ibadah Yahudi di dalam masjid itu. Para penjaga tersebut berkumpul di dalam Masjid Qubbatush Shakhrah sementara polisi Israel menunggu di luar untuk menangkap mereka.