Jelang bertemu Trump, Korea Utara ledakkan tempat uji nuklir

Korea Utara menepati janjinya dengan meledakkan terowongan di tempat uji nuklirnya pada Kamis (24/5), menjelang pertemuan dengan Trump.

Korea Utara menepati janjinya dengan meledakkan terowongan di tempat uji nuklirnya pada Kamis (24/5), menjelang pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. / Istimewa / Reuters

Korea Utara menepati janjinya dengan meledakkan terowongan di tempat uji nuklirnya pada Kamis (24/5), menjelang pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Media pemerintah Korea Utara melaporkan, peledakan itu sebagai bagian dari upaya mengurangi ketegangan di semenanjung Korea dan mengangkat kemungkinan pertemuan puncak dengan Amerika Serikat.

Korea Utara melakukan seluruh enam uji nuklirnya di Punggye-ri, yang terdiri atas terowongan di bawah gunung Mantap di bagian timur laut negara itu.

Sekelompok kecil media asing, yang dipilih Korea Utara, menyaksikan penghancuran itu, yang menurut Pyongyang adalah bukti tekadnya mengakhiri uji nuklir.

Penghancuran tempat itu dimulai sekitar pukul 11.00 waktu setempat dengan meledakkan dan meruntuhkan terowongan serta pos pengamatan.