Jelang musim dingin, Rusia gempur infrastruktur listrik dan air Ukraina

Di kota pelabuhan Mykolaiv, seorang saksi mata Reuters mengatakan mereka mendengar tiga ledakan pada Selasa dini hari.

Ilustrasi serangan Rusia. Foto: Tass

Rudal Rusia menghantam sasaran infrastruktur di seluruh Ukraina pada hari Selasa ketika Moskow meningkatkan serangan yang dituding untuk menghancurkan fasilitas listrik dan air sebelum musim dingin.

Mayor Zhytomyr, sebuah kota berpenduduk 263.000 orang, mengatakan serangan itu telah mematikan pasokan listrik dan air, dan dua ledakan mengguncang fasilitas energi di kota tenggara Dnipro, sebuah kota berpenduduk hampir 1 juta jiwa, menyebabkan kerusakan serius, menurut Kyrylo Tymoshenko, ajudan presiden Ukraina.

Di pelabuhan Mykolaiv, Ukraina selatan, sebuah rudal menghantam sebuah gedung apartemen yang menewaskan sedikitnya satu orang, kata seorang saksi mata Reuters, dan ledakan terdengar dan asap terlihat membubung di Kyiv, ibu kota.

Ada juga laporan tentang fasilitas listrik yang menjadi sasaran di kota Kharkiv, sebuah kota dengan populasi sebelum perang 1,43 juta orang, dekat dengan perbatasan Rusia.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menuduh Rusia meneror dan membunuh warga sipil dengan serangan udara, yang terjadi sehari setelah serangan pesawat tak berawak di Kiev dan kota-kota lain menewaskan sedikitnya empat orang.