Jusuf Kalla: Kemitraan multilateral kunci kondisi global

Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla menegaskan, dibutuhkan komitmen bersama demi mewujudkan kemitraan multilateral yang kuat. 

Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla dalam KTT G20 di Buenos Aires, Argentina, Sabtu (1/12)./Kementerian Luar Negeri Indonesia

Di hadapan para pemimpin negara di KTT G20, Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla menegaskan, dibutuhkan komitmen bersama demi mewujudkan kemitraan multilateral yang kuat. 

Hal tersebut Wapres sampaikan saat menjadi pembicara utama dengan tema 'Building Consensus' pada hari kedua pelaksaan KTT G20 di Buenos Aires, Argentina.

Pandangan tersebut memang senada dengan sebagian besar negara G20 lainnya. Mereka ingin adanya perbaikan pertumbuhan pembangunan yang menyeluruh melalui kondisi global yang kondusif.

"Pembangunan berkelanjutan dan perubahan iklim adalah dua isu global yang terkait erat yang perlu diatasi secara bersama-sama," jelas Jusuf Kalla seperti yang dikutip dari rilis resmi Kementerian Luar Negeri yang diterima Alinea.id pada Minggu (2/12).

KTT yang berakhir pada 1 Desember tersebut berhasil melahirkan kesepakatan berupa G20 Leaders' Declaration Building Consensus for Fair and Sustainable Development.