Jutaan orang di California masih di bawah peringatan bahaya banjir

Ribuan orang telah diperintahkan untuk mengungsi dari rumah mereka. akibat badai yang menyerang California sejak akhir bulan lalu.

Mobil berada di lubang besar di sepanjang Iverson Road di Chatsworth, California, pada Selasa, 10 Januari 2023. David Crane/The Orange County Register via AP

Sinkhole ( lubang di tanah yang disebabkan oleh erosi dan drainase air), menelan mobil dan air banjir yang membanjiri kota-kota dan menyapu seorang bocah laki-laki, saat California dilanda musim dingin yang lebih liar dalam serangkaian badai yang kuat menjulang pada Selasa (10/1).

Jutaan orang di California masih di bawah peringatan bahaya banjir, dan lebih dari 200.000 rumah dan tempat bisnis tanpa aliran listrik karena hujan lebat, hujan es, dan tanah longsor. Ribuan orang telah diperintahkan untuk mengungsi dari rumah mereka.

Menurut Sekretaris Sumber Daya Alam California Wade Crowfoot, sedikitnya 17 orang tewas akibat badai yang dimulai akhir bulan lalu. Kematian itu termasuk seorang pengemudi truk pikap dan pengendara sepeda motor yang tewas pada Selasa pagi, ketika pohon kayu putih tumbang menimpa mereka di Highway 99 di Lembah San Joaquin dekat Visalia, kata Patroli Jalan Raya California.

Badai yang dimulai Senin (9/1) menurunkan lebih banyak hujan di California Tengah dan Selatan dan mengubur resor ski Sierra Nevada dengan salju setinggi lebih dari 5 kaki (1,5 meter).

Air terjun batu dan tanah longsor menutup jalan, dan limpasan yang memancar mengubah sebagian jalan bebas hambatan menjadi saluran air. Sungai yang meluap membanjiri rumah dan memicu perintah evakuasi.