Kebakaran hebat di Australia, langit memerah dan ribuan orang terjebak

Api menjalar ke jalan utama keluar-masuk Kota Mallacoota. Banyak orang memilih bertahan di dermaga utama.

Langit di Mallacoota, Victoria, Australia, memerah menyusul hebatnya kebakaran hutan, Selasa (31/12). Jonty Smith from Melbourne/via REUTERS

Ribuan turis dan warga di kota pesisir Mallacoota di Negara Bagian Victoria, Australia, terjebak di tengah semakin parahnya kebakaran hutan. Pada Selasa (31/12), sirene darurat meraung-raung memperingatkan situasi bahaya.

Jalan utama keluar-masuk kota terputus, penduduk dan turis pun terpaksa berlindung di berbagai bangunan, termasuk gimnasium, atau kawasan tepi pantai.

Robert Phillips, salah satu pemilik supermarket di Mallacoota mengatakan kepada Reuters bahwa terdapat sekitar 45 orang yang berlindung di tokonya. Banyak pula yang beranjak ke dermaga utama kota itu.

"Ada titik api di seluruh tempat. Bara api bertiup ke mana-mana di jalan utama," tutur Phillips. "Banyak anak di sini yang kesulitan bernapas."

Australia tengah berjuang melawan kebakaran hutan besar-besaran, yang sebagian besar melintasi pantai timurnya, selama beberapa pekan terakhir. Kebakaran di Negeri Kanguru telah menghancurkan lebih dari empat juta hektare.