Kemlu: Situasi di Asia Pasifik menyadarkan pentingnya kestabilan kawasan

Asia Pasifik dapat menjadi arena pertempuran kekuatan besar jika stabilitas kawasan diabaikan.

Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri RI Desra Percaya di ala Ritus, Jakarta, jumat (9/8). Alinea.id/Valerie Dante

Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri RI Desra Percaya menilai bahwa perkembangan kondisi di Asia Pasifik menjadi semacam peringatan agar kestabilan kawasan tetap dijaga.

"Memang perkembangan di Asia Pasifik bisa menjadi wake up call yang menyadarkan pentingnya negara di kawasan ini menjaga kestabilan 'halaman belakang' kami sendiri," tutur Desra dalam konferensi pers di ala Ritus, Jakarta, pada Jumat (9/8).

Pernyataan tersebut disampaikan Desra saat dimintai responsnya tentang kabar Amerika Serikat memperbarui perjanjian keamanan nasional dengan tiga negara di Kepulauan Pasifik demi melawan pengaruh China.

Desra menilai bahwa kejadian-kejadian tersebut, di mana negara besar mulai menaruh perhatian besar di Asia Pasifik, mengingatkan bahwa tidak boleh melupakan keperluan untuk memelihara perdamaian dan keamanan di kawasan sendiri.

"Orang juga terkaget-kaget ketika China, AS dan Rusia mulai masuk ke Pasifik," lanjutnya.