Komentar soal aturan selibat, eks paus ingkar janji

Benediktus telah bersumpah akan menghindari sorotan publik dan tidak ikut campur dalam tugas penerusnya.

Benediktus XVI. Dia memulai masa kepausan pada 2005 dan mengakhirinya pada 2013 / Pixabay

Mantan Paus Benediktus XVI atau yang bernama asli Joseph Alois Ratzinger menjadi sorotan dunia setelah dia bersuara menentang rencana Paus Fransiskus mengizinkan pria yang sudah menikah menjadi pastor.

Intervensi Benediktus bertolak belakang dari janjinya pada 2013, ketika dia menjadi paus pertama dalam 700 tahun terakhir yang mengundurkan diri. Pada saat itu, dia bersumpah akan menghindari sorotan publik dan tidak ikut campur dalam tugas penerusnya.

Pada Oktober, dokumen dari majelis uskup Katolik Roma atau sinode di Amazon mengusulkan agar pria yang sudah menikah dapat ditahbiskan demi mengatasi kekurangan pastor di wilayah-wilayah terpencil di kawasan itu.

Paus Fransiskus menyatakan akan mempertimbangkan permintaan sinode tersebut. Keputusan akhirnya diperkirakan akan diumumkan dalam beberapa bulan mendatang.

Jika disetujui, aturan baru itu akan memungkinkan umat Katolik di daerah-daerah terpencil di Amerika Selatan untuk menghadiri misa dan menerima sakramen secara lebih teratur. Aturan tersebut hanya akan berlaku di wilayah Amazon dan bagi pria yang sudah ditahbiskan sebagai diakon.