Korban tewas coronavirus meningkat, Dirjen WHO ke China

WHO sejauh ini belum menetapkan wabah coronavirus jenis baru sebagai keadaan darurat global.

Warga menggunakan masker di depan pintu masuk Forbidden City di Beijing, China, Sabtu (25/1). ANTARA FOTO/REUTERS/Carlos Garcia Rawlins

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus sedang dalam perjalanan ke Beijing untuk bertemu dengan pemerintah dan pejabat kesehatan terkait penyebaran wabah coronavirus jenis baru.

WHO sejauh ini belum menetapkan wabah coronavirus jenis baru sebagai keadaan darurat global, meski virus berbahaya itu telah menyebar ke sejumlah negara dan angka kematian terus meningkat.

Menurut data Komisi Kesehatan Nasional China pada Senin (27/1), per Minggu (26/1), kasus coronavirus jenis baru telah meningkat menjadi 2.744 orang dan menewaskan 80 orang. Dari total kasus, 300 orang dirawat dan dalam keadaan kritis.

"Saya sedang dalam perjalanan ke Beijing untuk bertemu dengan pemerintah dan pejabat kesehatan ... Rekan-rekan dari WHO dan saya sendiri ingin memahami perkembangan terbaru dan memperkuat kemitraan kami dengan China dalam memberikan perlindungan lebih lanjut," jelas Ghebreyesus di Twitter pada Minggu (26/1).

I am on my way to Beijing, ???????? to meet with the Government & health experts supporting the #coronavirus response. My @WHO colleagues & I would like to understand the latest developments & strengthen our partnership with ???????? in providing further protection against the outbreak.