Korea Utara gunakan robot tingkatkan kualitas pendidikan

Kim Jong-un mendorong reformasi pendidikan dengan memacu inovasi teknologi.

Siswa Korea Utara saat belajar dengan melibatkan robot di Pyongyang, Korea Utara, Rabu, 3 November 2021/ Foto KRT via REUTERS.

Robot mirip mainan dengan mata biru dan berbendera Korea Utara di dadanya berkeliaran di sekitar ruang kelas di sebuah universitas di Pyongyang. Robot tersebut muncul dalam demonstrasi teknologi bidang pendidikan baru-baru ini yang ditujukan membantu anak-anak belajar matematika dasar, musik, dan bahasa Inggris.

Pada rekaman yang disiarkan oleh televisi pemerintah Korea Utara, KRT, menunjukkan dua robot plastik lainnya yang lebih besar dengan tampilan mirip manusia.

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, memang telah mendorong reformasi pendidikan dalam beberapa tahun terakhir dengan memacu inovasi teknologi.

"Saya membantu mengajarkan teknologi pendidikan yang meningkatkan kecerdasan anak-anak," bunyi robot setinggi 80 cm dengan suara perempuan sambil melambaikan tangannya.

Robot kedua menampilkan wajah tersenyum di layer yang tertanam di dalam kepalanya. Sementara robot lainnya mengenakan setelan plastik biru dan kacamata berbingkai putih