Korea Utara kembali uji coba rudal, Korsel gelar rapat darurat

Penembakan dua proyektil rudal ke perairan di timur Semenanjung Korea pada Sabtu (16/4) merupakan uji coba ke-12 pada tahun ini.

Ilustrasi Korea Utara melakukan uji coba rudal ke arah Semenanjung Korea yang ke-12 pada 2022 atau medio April sehingga memaksa Korsel menggelar rapat darurat. Foto Anadolu Agency

Korea Utara menembakkan dua proyektil ke perairan di timur Semenanjung Korea, pada Sabtu (16/4) malam waktu setempat. Ini merupakan uji coba ke-12 pada 2022.

Surat kabar Korea Utara, Rodong Sinmun, pada Minggu (17/4) memublikasikan foto Kim Jong-un tersenyum dan bertepuk tangan ketika dia mengamati uji coba "senjata taktis baru".

Melansir CNN, proyektil ditembakkan dari daerah Hamhung, Korea Utara, sekitar pukul 18.00 waktu setempat. Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (Korsel) mengatakan, proyektil itu berkecepatan maksimum Mach 4,0 atau lebih rendah dan meluncur sekitar 110 km pada ketinggian 25 km.

Sementara itu, media pemerintah Korea Utara, KCNA, melaporkan, Jon-Un mengamati uji tembak "senjata berpemandu taktis tipe baru," yang "dilakukan dengan sukses."

Pasca-peluncuran tersebut, Kepala Staf Gabungan Korea Selatan menyampaikan, militer, badan intelijen, dan Kantor Keamanan Nasional "Negeri Gingseng" mengadakan pertemuan darurat untuk membahas situasi dan tindakan pencegahan.