Larang partisipasi Israel, Malaysia batal jadi tuan rumah kejuaraan renang

World Para Swimming Championship 2019 semula dijadwalkan akan berlangsung di Kuching, Malaysia, pada 29 Juli hingga 4 Agustus 2018.

Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad. Twitter/@chedetofficial

Komite Paralympic Internasional (IPC) pada Minggu (27/1) mencoret Malaysia sebagai tuan rumah World Para Swimming Championship 2019 setelah negara itu menolak mengizinkan partisipasi atlet Israel.

Kejuaraan yang merupakan syarat kualifikasi untuk Tokyo Paralympics 2020 tersebut semula dijadwalkan berlangsung di Kuching dari 29 Juli hingga 4 Agustus 2019.

IPC mengatakan akan mencari tempat baru untuk tanggal yang sama, meskipun mungkin harus melakukan penyesuaian sehubungan dengan keadaan.

"Semua World Championship harus terbuka untuk semua atlet dan negara yang memenuhi syarat untuk bersaing secara aman dan bebas dari diskriminasi," jelas Presiden IPC Andrew Parsons dalam sebuah pernyataan setelah pertemuan dewan pengurus IPC di London.

"Ketika sebuah negara tuan rumah mengecualikan atlet dari negara tertentu karena alasan politik, maka kami sama sekali tidak memiliki alternatif selain mencari tuan rumah baru."