Level kemitraan jadi CSP, seberapa strategis RI di mata Amerika?

Indonesia adalah negara kedua di Asia Tenggara yang hubungan bilateralnya dengan Amerika mencapai comprehensive strategic partnership (CSP).

Kemitraan Indonesia (RI) dan Amerika Serikat (AS) naik level menjadi comprehensive strategic partnership (CSP). Foto BPMI Setpres/Laily Rachev

Hubungan bilateral Indonesia dengan Amerika Serikat (AS) meningkat menjadi comprehensive strategic partnership (CSP), 13 November 2023. Ini menjadikannya sebagai negara kedua di Asia Tenggara setelah Vietnam, yang diteken pada September 2023.

"Saya senang kita telah sepakat untuk tingkatkan status kemitraan menjadi comprehensive strategic partnership," ucap Presiden Joko Widodo (Jokowi) di sela-sela pertemuan bilateral dengan Presiden AS, Joe Biden, di Gedung Putih, Washington DC. 

Ia melanjutkan, CSP yang disepakati kedua negara mencakup beberapa bidang. Perdagangan, misalnya.

Jokowi menyampaikan, kedua negara perlu menciptakan pembaruan untuk meningkatkan perdagangan negara. Salah satunya melalui perpanjangan fasilitas Generalized System of Preferences (GSP) kepada Indonesia.

"Ini penting bagi rantai pasok dan kurangi ketergantungan Amerika Serikat terhadap impor RRT," katanya. "Mohon dukungan Presiden Biden untuk terus dorong Kongres AS percepat pengesahan GSP."